Cara Mengatasi Masalah Windows 10 Yang Lemot

Windows 10 dikenal mempunya penampilan yang rapih dan bersih, namun ada beberapa hal yang membuat beberapa pengguna mengeluhkan Sistem Operasi ini, terutama yang mempunyai perangkat dengan spesifikasi menengah ke bawah.

Sebenarnya ada banyak keluhan dari pengguna mengenai Windows 10 salah satunya yang kemarin saya bahas pada artikel ini : Cara Menonaktifkan Fitur Auto Update Windows 10. dan Keluhan yang akan saya bahas di sini yaitu mengatasi masalah Windows 10 yang lemot.

Ada pula keluhan mengenai lambatnya performa dari windows 10 setelah update, hingga pada komputernya yang mengalami lag parah.

Kenapa demikian ?

Pada Sistem Operasi Windows 10 ada banyak fitur yang sudah di aktifkan secara otomatis oleh developer dari OS tersebut. Salah satu fitur ini, ada beberapa yang mungkin tidak begitu penting untuk di aktifkan.

Nah, karena banyaknya fitur yang aktif, perangkat kamu yang notabennya memiliki spesifikasi rendah akan kesulitan untuk mengakses Windows 10 dengan baik. Dari segi performa inilah yang menjadi masalah bagi pengguna.

Untuk mengatasi masalah Windows 10 yang lambat. Kamu membutuhkan beberapa optimasi untuk meningkatkan performa windows 10. Apa saja itu, mari simak penjelasan berikut

3 Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

1. Matikan Startup Aplikasi Yang Tidak Penting

Hal ini sangat penting, mengingat banyaknya aplikasi yang aktif dan berjalan pada saat Windows sudah mulai booting. Yang akibatnya memberatkan performa komputer kamu. Bagaimana mengatasinya...
  1. Pada halaman Dekstop, buka Task Manager dengan meng-klik icon Pencarian pada Taskbar. isi kotak pencarian dengan mengetik "Task Manager", lalu klik aplikasi Task Manager yang muncul di hasil pencarian.
  2. Selanjutnya Menu Task Manager akan terbuka. Klik pada bagian Startup, lalu lihat status aplikasi yang aktif.
  3. Silahkan pilih aplikasi apa saja yang menurut kamu tidak penting untuk berjalan di awal booting. Caranya klik kanan pada aplikasi tersebut, selanjutnya klik Disable.

2. Matikan Aplikasi Yang Berjalan Di Belakang Layar

Salah satu yang memberatkan performa komputer kamu yaitu, banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar. Biasanya aplikasi ini adalah aplikasi bawaan dari windows yang tidak begitu penting. Bagaimana mengatasinya...
  1. Pada halaman Dekstop, buka Background Apps dengan meng-klik icon Pencarian pada Taskbar. isi kotak pencarian dengan mengetik "Background Apps", lalu klik aplikasi yang bertuliskan "Choose Which background apps can run in the background" yang muncul di hasil pencarian.
  2. Menu Background Apps akan terbuka. Silahkan matikan aplikasi yang menurut kalian tidak penting. Kecuali aplikasi Windows Defender Security Center. Karena aplikasi ini adalah antivirus yang akan mem-block malware pada komputer kamu, jadi ini harus tetap berjalan di belakang layar.

3. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Cara ini juga patut kamu lakukan, jika kamu pernah menginstall aplikasi yang sampai sekarang tidak pernah kamu gunakan, sebaiknya uninstall aplikasi tersebut dan rasakan peningkatan performa pada komputer kamu. Bagaimana cara meng-uninstall aplikasi tersebut...
  1. Pada halaman Dekstop, buka Control Panel dengan meng-klik icon Pencarian pada Taskbar. isi kotak pencarian dengan mengetik "Control Panle", lalu klik aplikasi Control Panel yang muncul di hasil pencarian.
  2. Selanjutnya klik pada bagian Program dengan tulisan berwarna biru, "Uninstall a program".
  3. Silahkan pilih aplikasi yang menurut kamu tidak penting, dan lakukan uninstall aplikasi dengan cara klik 2x pada aplikasi yang ingin di uninstall atau dengan klik kanan - uninstall.

3+1 Matikan Animasi Bawaan Windows

Cara ini cuma saya tujukan buat pengguna dengan spesifikasi komputer yang rendah. Soalnya jika komputer dengan spesifikasi rendah mengaktifkan fitur animasi Windows ini, akan sangat berdampak pada performa komputer kamu yang akan mengakibatkan komputermu mengalami lag parah. Bagaimana cara mematikan fitur ini...
  1. Pada halaman Dekstop, buka Advanced System dengan meng-klik icon Pencarian pada Taskbar. isi kotak pencarian dengan mengetik "Advanced System", lalu klik aplikasi yang bertuliskan "View Advanced System Settings" yang muncul di hasil pencarian.
  2. Selanjutnya pada tab Advanced - Performance klik Settings untuk membuka menu pengaturan animasi.
  3. Pada Tab Visual Effects, silahkan kamu pilih Custom. Selanjutnya lepas semua centang kecuali 3 yaitu "Show thumbnails instead of icons", "Smooth edges from screen fonts", "Smooth-scroll list boxes". Selanjutnya klik OK.
Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mengurangi kinerja perangkat agar tetap smooth saat dijalankan, namun jika semuanya di optimasi, maka tampilan dari Windows 10 menjadi kurang menarik.

Dengan cara yang saya bagikan diatas akan membuat penampilan Windows 10 kamu tetap rapi dan berjalan dengan lancar. Jika Kamu masih merasa bahwa penjelasan saya di atas masih membingungkan, silahkan tinggalkan komentar Kamu. Jangan Lupa Follow Blog ini dan jika Kamu berkenan, Subscribe juga Chanel Youtube TeknoLimit. Terimakasih

Pendapatmu :

Langganan Artikel

Berlangganan artikel Gratis langsung via email...

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
BERI KOMENTAR